PAUD: Metode

PAUD Istiqlal menggunakan metode pendidikan “Belajar melalui bermain integrasi nilai-nilai kehidupan beragama dengan pendekatan sentra dan saat lingkaran melalui 10 (sepuluh) sentra bermain”. Metode yang dikembangkan oleh PAUD Istiqlal mempunyai banyak kelebihan yaitu:

  1. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam suasana yang menyenangkan dengan menggunakan strategi, materi/media yang menarik dan mudah dimengerti oleh anak.
  2. Melalui bermain anak diajak untuk bereksplorasi, menemukan dan memanfaatkan objek-objek yang dekat dengan lingkungan anak, sehingga pembelajaran menjadi bermakna, ketika bermain anak membangun pengertian melalui pengalaman bermainnya.
  3. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran, kegiatan berfokus pada anak dan berpusat pada sentra-sentra kegiatan bermain dan saat anak dalam lingkaran dengan menggunakan 4 (empat) jenis pijakan untuk mendukung perkembangan anak, yaitu (1) pijakan lingkungan main; (2) pijakan sebelum main; (3) pijakan setelah main; dan (4) pijakan setelah main.
  4. Pendidikan agama dilaksanakan secara konkrit dan nyata melalui penanaman nilai-nilai kehidupan beragama sejak dini yang dintegrasikan dalam semua kegiatan proses kegiatan belajar mengajar.