Ibtidaiyah: Struktur Program

STRUKTUR KURIKULUM/PROGRAM MADRASAH IBTIDAIYAH

Kurikulum yang digunakan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan yang dikembangkan dalam Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal dan diintegrasikan dengan nilai-nilai kehidupan beragama.

Struktur kurikulum disusun mengacu pada Permendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006 untuk muatan mata pelajaran umum dan Permenag RI Nomor 2 Tahun 2008 untuk muatan mata pelajaran agama. Di luar muatan kurikulum tersebut dimasukkan muatan lokal yang terdiri dari; (1) Bahasa Inggris, (2) Informasi dan Teknologi, (3) Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta.

Dalam rangka mengembangkan bakat dan minat siswa, dilaksanakan kegiatan pengembangan diri, baik yang dilaksanakan dalam kegiatan intrakurikuler maupun dalam kegiatan ekstrakuriler yang meliputi; layanan bimbingan konseling, upacara bendera, pramuka, kunjungan study, seni budaya Islam dan olahraga.

Dalam rangka pembinaan materi ibadah, akhlakul karimah, dan meningkatkan kemampuan pendidikan agama dilaksanakan kegiatan pembiasaan yang disebut dengan habitual curriculum (kurikulum pembiasaan). Habitual curriculum dilaksanakan disela-sela kegiatan pembelajaran baik sebelum KBM dimulai, di tengah-tengah waktu KBM, dan di akhir KBM. Kegiatan meliputi; shalat Dzuha, shalat Dzuhur, tahsin dan tahfidz, hafalan surat-surat pilihan dan do’a-do’a harian, sarapan dan makan siang.